Forum Perangkat Daerah Dinas Pengajaran dan Kebudayaan Tahun 2025, Pj. Bupati Andriyanto Himbau Insan Pengajaran Tingkatkan Kompetensi

Agar mutu Sumber Daya Manusia (SDM) dan energi saing daerah meningkat, Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto menghimbau terhadap semua insan pendidikan agar terus mengasah kompetensi. Terpenting hal itu layak dengan arah kebijakan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Pasuruan Tahun 2025 terkait urusan pendidikan dan kebudayan.

Pada ketika hadir dalam Forum Perangkat Daerah Dinas Pengajaran dan Kebudayaan Tahun 2025, Kepala Badan Riset dan Temuan Daerah (BRIDA) Provinsi Jawa Timur tersebut tak jemu-jemunya memberikan motivasi dan semangatnya keada peserta kegiatan. Bagus Ketua Klasifikasi Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD Kecamatan, Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri, Pengawas SD/SMP, Klasifikasi Kerja Guru (KKG) SD/SMP, Musyawarah Guru Mata Pembelajaran (MGMP) Seni Kultur SMP ataupun Budayawan di Kabupaten Pasuruan.

\\\”Bapak Ibu yang kami banggakan. Mari bersama-sama saling mengasah kapasitas dan meningkatkan kompetensi sebagai insan pendidikan. Ini sebagai bekal kita untuk meningkatkan mutu pendidikan. Apalagi ketika ini saingan kita itu telah berlari. Maka kita mesti melompat biar tak tertinggal,\\\” pintanya dalam acara yang digelar di Hotel Aria Malang pada hari Selasa (27/2/2024) malam.

Berdasarkan hemat Pj. Bupati Andriyanto, era disrupsi yang amat identik dengan pesatnya perkembangan artificial slot spaceman intellegence mesti disikapi dengan kemampuan komputerisasi. Pengendalian terhadap Teknologi Info dan Komunikasi (TK) adalah keniscayaan bagi energi pendidik dan penyelenggara pendidikan. Terpenting dalam hal pemanfaatan media sosial sebagai sarana pembelajaran bagi si kecil ajar. Sekalian sebagai media promosi untuk mengedukasi masyarakat melewati konten-konten yang bersifat mengajar.

Di sisi lain, Pj. Bupati Andriyanto minta terhadap semua peserta kegiatan agar memanfaatkan betul momen Forum Perangkat Daerah Dinas Pengajaran dan Kebudayaan Tahun 2025 sebagai wadah diskusi sekalian evaluasi. Sehingga akan memberikan pengayaan terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Pasuruan.

\\\”Maka dari itu, manfaatkan betul FPD ini sebagai forum diskusi bersama yang menyenangkan. Bantu lebih banyak mendengar ketimbang mengobrol, siapapun moderator dan narasumber yang akan menyajikan materinya,\\\” pesan Pj. Bupati Andriyanto didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Diano Fela Very Santoso serta Kepala Dinas Pengajaran dan Kebudayaan, Tri Agus Budiharto.

Dikenal, ada beberapa berita penting penyelenggaraan tugas dan fungsi Dinas Pengajaran dan Kebudayaan. Diantaranya, optimalisasi peningkatan kinerja dan pelayanan pendidikan, peningkatan Rata Lama Sekolah dengan mengoptimalkan standarisasi progres Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam rangka peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan rintisan Boarding School bertaraf nasional/ internasional.

Kecuali itu, pemetaan dan pemerataan pendidik dan energi kependidikan, peningkatan mutu layanan pendidikan melewati Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan pembinaan karakter siswa melewati pendidikan karakter juga menjadi berita penting penyelenggaraan tugas dan fungsi Dinas Pengajaran dan Kebudayaan. Tidak terkecuali pemerataan sarana dan prasarana pendidikan, pembinaan karakter siswa melewati pendidikan karakter juga perlindungan, pengembangan dan pelestarian seni dan budaya.