Jurusan Farmasi: Mengenal Program Studi Farmasi dan Prospek Kerjanya Terlengkap

Yuk Kenalan Dengan Jurusan Farmasi dan Prospek Kerjanya- Setelah menamatkan dari sekolah menengah atas (SMA) setiap pelajar dihadapkan dengan pilihan ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi atau tidak. Jika iya, pertanyaan baru akan akan muncul seperti, “jurusan kuliah apa yang tepat untuk diambil?”

Pelajar lulusan IPA dan tertarik dengan bidang kesehatan, tersedia beberapa pilihan jurusan yang dapat kamu pertimbangkan. Tidak selalu jurusan kedokteran, dibidang kesehatan juga terdapat pilihan lain seperti jurusan kesehatan masyarakat ataupun juruan farmasi.

Meskipun persaingan dipasar kerja semakin ketat pada era digital ini, jurusan farmasi masih menjadi salah satu jurusan yang membuat lulusannya ditunggu oleh beberapa perusahaan. Namun jika kamu ingin berfokus untuk mempelajari obatan obatan, maka jurusan farmasi merupakan jawaban yang kamu cari dan bisa menjadi pilihan yang bagus.

Lalu apa saja yang akan kamu pelajari di jurusan farmasi ini nantinya serta bagaimana juga prospek kerja kedepannya? Semua informasi mengenai jurusan farmasi akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini ya sahabat Lift Indonesia.

 

jurusan farmasi

 

Mengenal Jurusan Farmasi

Jurusan kuliah farmasi adalah sebuah kombinasi antara ilmu kesehatan dengan ilmu kimia dimana hal tersebut sangat diperlukan dalam dunia medis. Selama berkuliah mengambil jurusan ini kalian akan berkutat dengan senyawa kimia untuk dikembangkan menjadi bahan dasar obat obatan di negara server slot thailand.

Bahkan bukan hal mustahil jika nantinya kalian menjadi salah satu penemu obat penyembuh dari berbagai penyakit. Selain itu juga kalian akan mempelajari tentang bagaimana menggunakan obat-obatan secara efektif dalam ilmu kesehatan sampai ke pengobatan higienis.

Program studi Farmasi mengajak kalian untuk belajar mengenali stuktur senyawa obat dan cara sintetisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Kuliah jurusan ini nantinya membuat kalian mengetahui bagaimana mencampur, meracik dan melakukan formulasi dalam menciptakan obat yang layak dan juga aman.

 

Spesialisasi Jurusan Farmasi

Sama seperti kebanyakan jurusan kuliah lainnya, jurusan IPA ini juga mempunyai beberapa spesialisasi yang dapat dipilih sesuai minat ataupun rencana karir kalian dimasa depan. Namun secara umum tidak semua universitas di Indonesia menawarkan jurusan ini.

1. Farmakologi

Spesialisasi jurusan satu ini mempelajari tentang bagaimana obatan obatan dapat memperngaruhi bagian tubuh manusia. Farmakologi membahas tentang efek terapi dan racun dari berbagai obat serta bagaimana obatan obatan tersebut berinteraksi dengan makanan dan tubuh manusia.

2. Clinical Practice

Secara umum spesialisasi Clinical Practice bertujuan menyiapkan mahasiswa memberikan layanan kesehatan secara langsung kepada pasien termasuk mendiagnosis, memberikan resep, serta arahan serta komunikasi kepada pasien.

3. Drug Development

Jurusan kuliah spesialiasi lainnya yakni drug development yaitu studi tentang berbagai proses yang dibutuhkan untuk menciptakan obatan obatan dan bagaimana memasarkannya. Hal tersebut juga mempelajari tentang riset klinikal, pembuatan obat komersial, dan lain lain.

4. Mikrobiologi dan Imunologi

Mikrobiologi adalah studi yang mempelajari mikroba dan pengaruhnya terhadap penyakit secara umum. Selain mikroba, spesialiasi jurusan farmasi ini juiga menitikberatkan studi tentang virus, bakteri, dan juga jamur.

5. Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah spesialisasi jurusan kuliah ipa satu ini yang secara umum ditawarkan untuk mahasiswa level lanjut serta berfokus kepada teknologi modern di sector farmasi. Spesialisasi ini juga mempelajari tentang berbagai masalah yang dihadapi dalam industri farmasi skala global.

Clinical Practice

Prospek Kerja Farmasi

Jurusan kuliah IPA satu ini dikenal sebagai studi yang memberikan banyak pengetahuan. Mulai dari ilmu kedokteran, hingga agrikultur. Hal tersebut menjadikan alasan jurusan ini sangat dinantikan oleh perusahaan perusahaan besar di Indonesia.

  • Farmasi Industri
  • Tenaga Pengajar
  • Product Developer
  • Quality Controller
  • Manajemen Farmasi
  • Peneliti
  • Petugas Regulasi