Jurusan Kedokteran: Kuliah Lama Tapi Peminatnya Ribuan

Jurusan Kedokteran: Kuliah Lama Tapi Peminatnya Ribuan- Salah satu jurusan kuliah IPA yang banyak dijadikan idaman yakni jurusan kedokteran, dimana setelah lulus tentunya akan menjadi seorang dokter. Dalam lingkungan perkuliahan jurusanĀ ini dinamakan jurusan pendidikan dokter namun masyarakat luas lebih akrab dengan sebutan jurusan kedokteran. Jurusan kuliah IPA satu ini merupakan salah satu jurusan kuliah favorit bagi calon mahasiswa di Indonesia. Walaupun dikenal sebagai perkuliahan yang padat dan ditempuh dengan waktu cukup lama, jurusan pendidikan dokter masih menjadi rebutan.Ā 

Kuliah kedokteran mempelajari cara mendiagnosis penyakit yang dialami pasien kemudian mengobati serta mencegah penyakit tersebut timbul kembali. Selama studi dibangku perkuliahan kalian lebih banyak mempelajari tentang anatomi tubuh manusia. Selain itu juga tentang biologi sel dan mokuler, genetika, dan farmakologi. Kalian juga nantinya dibekali dengan latihan keterampilan skill lab serta pelatihan dasar di berbagai stase di Rumah Sakit. Jika kalian termasuk orang yang memiliki cita cita menjadi seorang dokter, Lift Indonesia mengajak kalian berkenalan lebih jauh dengan jurusan satu ini.

 

jurusan kuliah kedokteran

Mata Kuliah Jurusan Kedokteran

Kuliah kedokteran memang dikenal membutuhkan waktu yang lama jika dibandingkan dengan program studi lainnya di Indonesia. Rata rata masa pendidikan jurusan kuliah IPA ini berkisar 7-8 tahun bahkan lebih. Selain mendapatkan materi dikelas, kalian juga akan mempelajari beberapa mata kuliah berikut ini:

  • Anatomi

Mata kuliah anatomi merupakan mata kuliah dasar dan paling wajib selama perkuliahan pendidikan dokter. Anatomi sendiri mempelajari tentang susunan bagian tubuh beserta organ di dalam tubuh manusia.

  • Kardiovaskuler

Mata kuliah kardiovaskuler mempelajari mengenai sistem kerja organ jantung serta juga pembuluh darah. Kardiovaskuler menjadi ilmu wajib dikuasai oleh semua calon dokter.

  • Reproduksi

Mata kuliah kedokteran satu ini mempelajari tentang saluran organ reproduksi di tubuh manusia sekaligus mempelajari berbagai jenis penyakit yang bisa terjadi di saluran reproduksi.

  • Ilmu Bedah

Mata kuliah ilmu bedah mempelajari mengenai cara melakukan pembedahan ataupun operasi. Walaupun tidak semua dokter nantinya menjadi ahli bedah, ilmu kuliah ini sangat wajib dimiliki.

  • Ilmu Penyakit Dalam

Masuk kedalam ilmu penting bagi calon seorang dokter, mata kuliah ilmu penyakit dalam slot gates of olympus mengajak kalian mengenal berbagai jenis penyakit dalam, tentang cara pemeriksaan, dan menentukan obat maupun metode pengobatan yang tepat.

  • Gastrointestinal

Mata kuliah kedokteran berikutnya yakni gastrointestinal yang mempelajari saluran pencernaan dan proses pencernaan didalam tubuh manusia. Mahasiswa kedokteran diajak lebih memahami sistem pencernaan manusia secara mendalam.

Baca juga: Kenalan Dengan Jurusan Teknik Sipil: Informasi Kuliah dan Prospek Kerja di Masa Depan

4 Alasan Mengapa Harus Memilih Jurusan Kedokteran

Jurusan pendidikan dokter memang masih menjadi jurusan yang selalu jadi rebutan dan diidam idamkan calon mahasiswa di Indonesia. Sebagai salah satu jurusan IPA yang terkanal, lulusan kedokteran menjadi jurusan kuliah yang memiliki prospek karir cemerlang serta gaji tinggi. Masuk ke jurusan kedokteran dikenal sulit baik dari segi mata kuliah juga segi biaya.

Beberapa alasan yang dapat kamu pertimbangkan memilih jurusan kedokteran yakni:

1. Mempelajari Banyak Ilmu

Masuk kedalam jurusan kedokteran memberikan banyak sekali ilmu pengetahuan dikarenakan kuliah pendidikan dokter mempelajari hal hal yang kompleks. Bukan hanya berkaitan dengan kesehatan manusia, obat dan juga pelayanan kesehatan, jurusan kuliah kedokteran juga mempelajari ilmu psikologis, bakteri, virus, manajemen, dan juga keselamatan kerja.

2. Hidup yang Seimbang

Memilih jurusan kedokteran memberikan flesibilitas dalam bekerja sehingga nantinya seorang dokter dapat dengan mudah mengatur keseimbangan pribadi dan profesionalnya.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri Pasien

Profesi sebagai seorang dokter kerap selalu berinteraksi baik dengan pasien serta senantiasa memberi semangat kepada pasiennya. Dengan begitu pasien dapat merasa termotivasi untuk meningkatkan kepercayaan dirinya karena mendapatkan dukungan dan semangat.

4. Menjadi Seorang Pemimpin

Memilih jurusan kedokteran nantinya dipandang sebagai pribadi yang lebih disegan dikalangan masyarakat. Sehingga mayoritas kalangan masyarakat menilai bahwa dokter pantas menjadi pemipin dalam forum apapun.