Logo Unismuh Makassar, Beserta Sejarah dan Visi Misinya

Logo Unismuh Makassar yakni lambang dari perguruan tinggi swasta yang ada di bawah naungan organisasi Muhammadiyah. Universitas ini yakni cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta yang didirikan berdasarkan kesepakatan pada Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan.

Mengadaptasi dari logo Muhammadiyah yang lebih dulu ada, logo Unismuh Makassar mewakili entitasnya sebagai bagian dari organisasi Islam ini. Formatnya yang menyerupai sang surya menjadi simbol organisasi yang membawa visi pencerahan, termasuk lewat trek pengajaran.

Muhammadiyah memang dikenal sebagai organisasi slot deposit qris 5k Islam yang amat bagus dalam mengelola bermacam-macam institusi pengajaran, mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Berikut review tentang logo Unismuh Makassar beserta sejarah dan visi-misinya yang Liputan6.com rangkum dari web unismuh.ac.id, Senin (9/10/2023).

Sejarah Berdirinya Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) yakni sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tanggal 19 Juni 1963. Institusi pengajaran setingkat perguruan tinggi ini yakni cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta yang telah lebih dulu didirikan pada November 18, 1955.

Unismuh Makassar didirikan berdasarkan hasil dari Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan dan Tenggara ke-21 di Kabupaten Bantaeng. Pendirian Unismuh Makassar disupport oleh Persyarikatan Muhammadiyah, sebuah organisasi yang berpusat pada pengajaran dan dakwah amar ma’ruf nahi munkar.

Pada awal berdirinya, Unismuh Makassar membina dua fakultas, yakni Fakultas Keguruan dan Seni dengan jurusan Bahasa Indonesia, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengajaran dengan jurusan Pengajaran Lazim (PU) dan Pengajaran Sosial (PS). Pada tahun yang sama, Unismuh Makassar telah kapabel berdiri sendiri dan dipimpin oleh seorang rektor bernama Drs. H. Abdul Watif Masri.

Berikutnya, Unismuh Makassar mengalami perkembangan yang signifikan dengan pembukaan bermacam-macam fakultas baru, seperti Fakultas Ilmu Agama dan Dakwah, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sosial Politik, Fakultas Kesejahteraan Sosial, dan Akademi Pertanian pada tahun 1965.

Tahun 1987, universitas ini membuka Fakultas Teknik, dan tahun 1994, Fakultas Pertanian dibuka. Pada tahun 2002, Unismuh Makassar memulai program pascasarjana, dan pada tahun 2008, Fakultas Kedokteran juga dibuka. Ketika ini, Universitas Muhammadiyah Makassar telah memiliki 7 Fakultas dengan 34 Program Studi, serta Program Pascasarjana yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pada tahun 2003, Unismuh Makassar mengalami perubahan kepemimpinan dengan bergabungnya generasi muda dan generasi tua. Pimpinan dan seluruh civitas akademika Unismuh Makassar berkomitmen untuk memelihara hasil capaian para pendahulu, mencapai keunggulan dalam kompetisi yang kian ketat, dan mewujudkan kemandirian dalam pengelolaan dan pengembangan diri.

Via komitmen ini, mereka berkeinginan Universitas Muhammadiyah Makassar bisa menjadi Perguruan Tinggi Islam Terkemuka yang memiliki kontribusi besar bagi agama, bangsa, dan negara.