Pengertian Dan Fungsi Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Pengertian Dan Fungsi Pendidikan Karakter

pendidikan karakter

Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter? Pengertian pendidikan sifat adalah suatu bisnis manusia secara menyadari dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik kegunaan membangun sifat pribadinya supaya sanggup jadi individu yang berguna bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Pendidikan sifat adalah suatu proses pendidikan yang mempunyai tujuan untuk menanamkan nilai-nilai sifat tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan juga tindakan untuk jalankan nilai-nilai tersebut.

Pendidikan sifat (character education) benar-benar erat hubungannya dengan pendidikan moral di mana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kekuatan individu secara berkesinambungan kegunaan penyempurnaan diri kearah hidup yang Slot777 Gacor lebih baik.

Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Agar lebih menyadari apa arti character education, maka kita sanggup merujuk pada pendapat sebagian pakar selanjutnya ini:

T. Ramli
Menurut T. Ramli, pengertian pendidikan sifat adalah pendidikan yang menekankan esensi dan arti pada moral dan akhlak supaya perihal selanjutnya bakal sanggup membentuk spesial peserta didik yang baik.

Thomas Lickona
Menurut Thomas Lickona, pengertian pendidikan sifat adalah suatu bisnis yang disengaja untuk menopang seseorang supaya ia sanggup memahami, memperhatikan, dan jalankan nilai-nilai etika yang inti.

John W. Santrock
Menurut John W. Santrock, character education adalah pendidikan yang dijalankan dengan pendekatan segera kepada peserta didik untuk menanamkan nilai moral dan memberi kan pelajaran kepada murid mengenai ilmu moral didalam usaha menghambat tabiat yang yang dilarang.

Elkind
Menurut Elkind, pengertian pendidikan sifat adalah suatu metode pendidikan yang dijalankan oleh tenaga pendidik untuk pengaruhi sifat murid. Dalam perihal ini nampak bahwa guru bukan cuma mengajarkan materi pelajaran tetapi termasuk sanggup jadi seorang teladan.

Fungsi Pendidikan Karakter

Secara lazim kegunaan pendidikan ini adalah untuk membentuk sifat seorang peserta didik supaya jadi spesial yang bermoral, berakhlak mulia, bertoleran, tangguh, dan berperilaku baik.

Adapun sebagian kegunaan pendidikan sifat adalah sebagai berikut;

Untuk mengembangkan potensi dasar didalam diri manusia supaya jadi individu yang menganggap baik, berhati baik, dan berperilaku baik.

Untuk membangun dan memperkuat tabiat masyarakat yang multikultur.

Untuk membangun dan menambah peradaban bangsa yang kompetitif didalam interaksi internasional.

Character education semestinya dijalankan sejak dini, yaitu sejak masa kanak-kanak. Pendidikan ini sanggup dijalankan di lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan, dan juga pakai berbagai sarana belajar.