Siswa Binus School International Menang Persaingan Esai Dunia

Alessandra Corine Torregoza Silapan ialah siswa dari Binus School International Simprug yang sukses memenangkan kompetisi The Harvard Crimson Global Essay Competiton 2024.

The Harvard Crimson Global Essay Competiton 2024 ialah platform bagi kalangan muda yang duduk di tempat duduk sekolah menengah yang mau melatih keterampilan menulis.

Pada kompetisi itu, Alessandra atau yang akrab disapa Alex behasil meraih kampiun kedua untuk kategori penulisan kreatif di The Harvard Crimson Essay 2024 dan bersaing dengan ribuan orang dari bermacam-macam belahan dunia.

“Saya amat bahagia dikala mengenal bahwa saya menang. Sebab saya secara tak sengaja mengikuti kompetisi ini dan bukan dengan menginginkan dapat lolos,” kata Alex dikala berbincang dengan, Kamis (25/4/2024) silam.

Pernah mengalami kegagalan dikala ikut serta lomba

Alex mengatakan, dia mengikuti kompetisi hal yang demikian semenjak tahun 2021. Tetapi kala itu dia belum sukses lolos, sampai kesudahannya dia mencoba mendaftar lagi pada akhir tahun 2023.

Selama dua tahun sebelum mendaftar, Alex mengaku banyak berlatih supaya dapat menulis esai dengan lebih bagus dan kesudahannya tanpa disangka dia sukses menang kampiun kedua di tingkat dunia.

“Saya pikir hal terbesar bagi saya ialah bahwa saya dapat melampaui batasan. Saya yang datang dari gadis yang berasal slot depo 10k dari tahun 2021 yang belum pernah lolos, sampai menjadi wanita ini yang sukses melalui batas masuk ke tiga besar dunia,” ujanya.

Menurut Alex, hal ini ialah pengalaman yang paling menarik baginya. Alex menerangkan, pada putaran pertama kompetisi, dia semestinya menulis esai 500 kata dan mengirimkannya ke Harvard Crimson dan dikala lolos ke babak selanjutnya peserta semestinya memanjangkan esainya sampai 1.500 kata.

Setelah itu, panitia Harvard Crimson akan memilih tiga kampiun dari 25 finalis yang sukses lolos di putaran kedua lomba esai Harvard Crimson.

Alex juga tak mengerjakan persiapan khusus untuk mendaftar kompetisi hal yang demikian. Dia hanya berusaha tiap-tiap hari menuliskan apa yang ada dipikirannya.

“Saya hanya menuliskan apa yang terlintas dalam pikiran saya dan dari pada mengamati beberapa hari sebelum pengiriman (esai) yang sesungguhnya,” tuturnya.

Pada kompetisi itu, Alex sukses mendapat hadiah uang senilai dan kesempatan untuk magang di Kantor Harvard Crimson di Boston, Amerika Serikat.