Yuk Kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta

Siapa yang nggak kenal dengan UGM? Universitas ini menduduki peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia versi UniRank. Sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, UGM menyelenggarakan program pendidikan sarjana, sarjana terapan (vokasi), magister, doktor, dan kelas internasional. Dengan sarana prasarana yang lengkap, seperti perpustakaan pusat, gelanggang mahasiswa, tempat tinggal sakit, dan sebagainya.

Udah nggak sabar jadi maba UGM selanjutnya? Yuk, kami bahas serba-serbi perkuliahan di Universitas Gadjah Mada.

universitas gadjah mada

Baca juga: Universitas Negeri Terbaik di Yogyakarta Menurut Webometrics 2023

Sejarah Lengkap Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada adalah kombinasi dari sebagian sekolah tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Teknik, Akademi Politik Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, serta Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten. Universitas ini disahkan oleh Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949 mengenai penggabungan perguruan tinggi jadi universitas.

UGM diambil dari nama Mahapatih Gadjah Mada yang berhasil mempersatukan Nusantara. UGM judi bola resmi berkembang jadi universitas teladan, universitas perjuangan, universitas kerakyatan, universitas nasional, dan pusat kebudayaan. Saat pertama kali berdiri, UGM punyai sebagian fakultas sebagai berikut:

1.          Fakultas Kedokteran

2.          Fakultas Sastra dan Filsafat

3.          Fakultas Kedokteran Hewan

4.          Fakultas Pertanian

5.          Fakultas Teknik

6.          Fakultas Hukum

Awalnya, aktivitas studi ditunaikan di Sitinggil dan Pagelaran dengan pakai sarana di Kraton Yogyakarta. Barulah pada tahun 1951 pembangunan di universitas Bulaksumur pun dimulai. Hingga waktu ini, UGM punyai 18 fakultas, satu Sekolah Pascasarjana, serta satu Sekolah Vokasi dengan puluhan program studi.

Daftar 10 Jurusan UGM Paling Favorit di SMBPTN

1.          Psikologi

2.          Hukum

3.          Kedokteran

4.          Manajemen

5.          Ilmu Komunikasi

6.          Farmasi

7.          Akuntansi

8.          Ilmu Hubungan Internasional

9.          Teknologi Informasi

10.        Teknik Sipil