Kampus Dengan Jurusan dan Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Banyaknya universitas negeri maupun universitas swasta yang mempunyai fakultas dan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia. Jurusan kedokteran secara general menjadi incaran bagi calon mahasiswa baru dari tahun ke tahun di Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan jurusan kedokteran di beberapa universitas terbaik di Indonesia sering menjadi salah satu prodi dengan daya saing tertinggi. Selain memiliki dunia persaingan yang ketat, untuk menjadi dokter juga dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dikutip beberapa sumber, berikut 5 daftar universitas dengan fakultas dan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia.

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia adalah sebuah universitas yang memiliki peminat yang cukup tinggi di Indonesia. UI mempunyai kampus di daerah Depok dan Salemba Jakarta Pusat. Di universitas negeri terbaik ini, terdapat  jurusan kedokteran yang sudah terakreditas A oleh BAN-PT.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas negeri yang berada di kota Jogja ini mempunyai program judi bola studi kedokteran salah satu terbaik di Indonesia. Prodi kedokteran di UGM menjadi salah satu prodi yang cukup populer dan juga telah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari nantinya seperti Sistem Pernapasan, Prinsip Biomedik, Sistem Salurah Kemih, dan lain lain.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

Program studi kedokteran di Universitas negeri terbaik di Surabaya ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan termasuk kedalam jajaran universitas yang memiliki fakultas kedokteran terbaik di Jawa Timur. Beberapa mata kuliah yang nantinya akan dipelajari seperti Biologi Molekuler, Imunologi Dasar, Dasar Pertolongan Darurat, dan lain lain.

Baca juga: Jurusan Kedokteran Kuliah Lama Tapi Peminatnya Ribuan

4. Universitas Dipenogoro (UNDIP)

Melanjutkan pendidikan kedokteran di kota Semarang merupakan langkah yang tepat untuk kamu. Fakultas kedokteran UNDIP telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT membuktikan bahwa kampus ini memiliki fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Mahasiswa yang berkuliah di fakultas kedokteran UNDIP tidak hanya diajarkan teori saja, melainkan memiliki kesempatan untuk praktik di rumah sakit berskala nasional milik kampus.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Menjadi universitas negeri yang terkenal di Solo ini mempunyai jurusan kedokteran yang tekenal mencetak alumni unggul di Indonesia. Jika kamu ingin menjadi dokter professional, kamu disarankan untuk segera mendaftarkan diri ke jurusan kedokteran UNS. Sudah terakreditasi A oleh BAN-PT, fakultas tersebut juuga memiliki jurusan psikologi jika lebih tertarik dengan jurusan kuliah yang satu ini.