Universitas Swasta Pancasila

Universitas Pancasila (UP) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Universitas Pancasila punya kampus utama dan kampus pascasarjana. Kampus utama terdapat di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sementara, kampus pascasarjana terdapat di Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat.

Nama Pancasila diterangkan punya slot gacor pragmatic kedalaman makna dan sesuai bersama misi Universitas Pancasila, yaitu “Memberikan fungsi positif didalam pengembangan pengetahuan dan teknologi dan juga pengembangan penduduk berpancasila, seperti yang dicita-citakan didalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.”

Baca juga: Universitas Swasta Pamulang, Universitas Swasta Terbaik di Tangerang

Dalam perihal pengelolaan, pembinaan umum Universitas Pancasila berada di bawah naungan yayasan, yaitu Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila yang didirikan bersama Akte Notaris G.H.S. Loemban Tobing S.H Nomor : 14 tanggal 19 Januari 1970.

Berikut adalah fakultas dan program belajar yang ada di Universitas Pancasila.

1.            Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

2.            Fakultas Farmasi.

3.            Fakultas Hukum.

4.            Fakultas Teknik.

5.            Fakutas Ilmu Komunikasi.

6.            Fakultas Psikologi.

7.            Fakultas Pariwisata.

Program Studi S1: Akuntansi, Manajemen, Farmasi, Hukum, Teknik Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Komunikasi, Psikologi, Pariwisata

Program Studi D3: Perpajakan, Akuntansi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Farmasi

Pasca Sarjana (S2 dan S3): Ilmu Ekonomi, Ilmu Farmasi, Ilmu Hukum, Ilmu Kenotariatan, Ilmu Kefarmasian, Manajemen, Akuntansi, Teknik Mesin

Program Profesi: Apoteker

Kampus UP dulu menjadi lokasi syuting sinetron th. ’90-an: Si Doel Anak Sekolahan. Lokasi yang digunakan adalah gedung Fakultas Teknik area “Si Doel” (Rano Karno) kuliah di jurusan teknik.

Baca juga: Kampus Dengan Jurusan dan Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Sejarah

Universitas Pancasila merupakan hasil dari penggabungan Universitas Pancasila (versi lama) yang berdiri pada th. 1963 bersama Universitas Bung Karno secara formal tanggal 28 Oktober 1966. Sesuai bersama namanya, Universitas Pancasila mempunyai tekad menghasilkan sarjana berjiwa pancasila, mempunyai pengetahuan, kecerdasa, ketrampilan, nilai dan sikap, dan juga kesadaran ekologi di dalam pembinaan dan pembangunan bidang ekonomi, hukum dan ekologi di dalam mendukung pembangunan.

Pada awal beroperasinya Universitas Pancasila dibangun di atas tanah seluas 10.160 m2 di Jl. Borobudur No. 7 Jakarta Pusat yang merupakan hasil dari hibah pemerintah, dan selagi ini digunakan untuk Program Pascasarjana. Sedangkan selagi ini kampus utamanya terletak di Serengseng Sawah bersama luas 111.255 m2 dan bangunan seluas 38.076 m2 yang terdiri dari Rektorat, Fakultas Hukum, Fakultas Farmasi, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknik.