UMY: Kampus Swasta Terbaik di Jogja

Enggak wajib dibahas lagi lah ya, apakah umy negeri atau universitas swasta di Yogyakarta. Dari namanya pun kamu telah mengetahui status institusi pendidikan tinggi ini. Adapun akreditasi universitas muhammadiyah yogyakarta, ban-pt mencatat statusnya adalah unggul dan terbukti sebagai kampus swasta terbaik di jogja.

Universitas muhammadiyah berdiri dan menjadi kampus swasta murah di jogja. Prestasinya cukup mentereng, jikalau menjadi 10 besar sistem informasi manajemen pemeringkatan kemahasiswaan (simkatmawa) kemendikbudristek pada tahun 2021. Di tahun yang sama, umy menduduki peringkat i dalam capaian prestasi kesibukan mahasiswa perguruan tinggi muhammadiyah (ptm) dan perguruan tinggi swasta (pts) se-indonesia. Perpustakaan umy juga capai juara ii academic library innovation award (alia) pada tahun 2021. Dan terkecuali kamu menyaksikan pemeringkatan universitas seperti times higher education rankings atau webometrics, lift-indonesia pasti bakal menemukan umy dalam 10 atau 15 besar universitas terbaik se-indonesia.

 

Pilihan Program Studi UMY Jogja

Pengin kuliah di kelas internasional itu boleh-boleh saja. Tetapi apakah pilihan jurusannya telah tepat? Kamu mampu pakai Tes Penjurusan Kuliah untuk membantumu mengambil alih keputusan jurusan kuliah yang paling sesuai bersama bakat, minat, dan kemampuanmu.

Kalau telah punyai pilihan jurusan di UMY sebagai kampus swasta terbaik di jogja, selanjutnya kamu tinggal mendaftar. Ada sebagian jalur pendaftaran yang mampu kamu tempuh.

Jalur Prestasi

Seleksi calon mahasiswa baru pada jalur ini didasarkan pada minat  judi bola online bakat atau prestasi akademik. Lebih lanjut, Jalur Prestasi dibedakan menjadi tiga, yaitu PMDK (Penerimaan Berdasar Minat dan Kemampuan), PSB (Penerimaan Siswa Berprestasi), dan PBUP (Penerimaan Bibit Unggul Persyarikatan). Seluruh program studi atau jurusan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menerima mahasiswa baru melalui Jalur Prestasi sesuai bersama kuota yang telah ditetapkan.

Baca juga: Universitas Islam Indonesia, Kampus Swasta Tertua di Indonesia

Jalur CBT (Computer Based Test)

Jalur ini mengharuskanmu ikuti tes, Lift-Indonesia. Jika ikuti jalur UMY Jogja tes ini, kamu mampu memilih tiga program studi atau jurusan yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jika memilih Prodi Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, materi tes termasuk TKA, MMPI, tes IPA, psikotest, tes buta warna, dan wawancara. Jika pilihan prodimu tak hanya ke dua bidang tersebut, tes yang diikuti cuman TKA.

Jalur SKL (Surat Keterangan Lulus)

Seleksi pada jalur ini bersama pakai nilai ijazah atau SKL.

Jalur UTBK

Lift-Indonesia yang ikuti UTBK, namun tidak di menerima di jurusan dan PTN incaran, mampu pakai nilai UTBK-mu untuk mendaftar dan kuliah di keliru satu jurusan UMY.

Baca juga: Universitas Atmajaya, Kampus Swasta Terbaik di Yogyakarta

Jalur SBMPTMu (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/‘Aisyiyah)

Untuk ikuti seleksi jalur ini, kamu wajib memeriksa syarat-syarat pendaftaran pada prodi UMY incaranmu, Sobat.

Jogjaversitas

Jalur ini merupakan penerimaan mahasiswa baru bersama di wilayah DI Yogyakarta.

International Admission

Nah, jalur ini nih, Sobat, yang wajib kamu memilih jikalau mendambakan kuliah di prodi UMY kelas internasional.